Select Language
( 021 ) 594 03057 - 59

NEWS & MEDIA

About Latest News and Events

Mengenal 2 Sistem Rem Sepeda Motor: Rem Tromol dan Rem Cakram

Posting Date: 27 January 2016

Dalam melihat sebuah kendaraan, biasanya orang selalu mempertimbangkan berapa kecepatan tertinggi yang bisa dicapai oleh kendaraan tersebut, dan berapa waktu yang dibutuhkan untuk mendapat kecepatan tersebut. Padahal dibalik itu ada sistem lain yang dharus diperhatikan juga : sistem rem pada kendaraan tersebut.

Semakin tinggi kecepatan yang bisa dicapai oleh suatu kendaraan maka jelas harus membutuhkan sistem rem yang mampu mengurangi kecepatan yang sudah dicapai tersebut nantinya.

Sistem rem sendiri kemudian dibagi menjadi dua jenis : Rem Tromol dan Rem Cakram.

Rem Tromol

Rem tromol adalah sistem yang seringkali digunakan untuk sepeda motor dengan kapasitas cc kecil. Sistem rem ini juga dikenal sebagai sistem rem yang murah, namun kurang mumpuni untuk melakukan pengereman pada kecepatan tinggi, kecuali untuk tipe tertentu. Sistem rem ini tidak terlihat dari luar, karena berada didalam komponen roda kendaraan.

brake shoe rem tromol untuk sepeda motor

Mekanisme rem tromol adalah ketika tuas rem ditarik, lengan rem akan memutar cam/nok yang menyebabkan brake shoe mengembang kemudian kanvas rem akan bergesekan dengan tromol.  Gesekan ini yang akan menyebabkan perlambatan pada sepeda motor.

Rem Cakram

Berbeda dengan sistem rem tromol, rem cakram adalah sistem rem yang seringkali digunakan untuk sepeda motor dengan kapasitas cc besar, sehingga mampu mengurangi kecepatan kendaraan dari kecepatan tinggi sekalipun. Karena itu sistem rem jenis ini juga digunakan pada kereta api, mobil, dan sepeda. Namun penggunaan rem cakram saat ini sudah digunakan pula pada sepeda motor dengan kapasitas cc kecil, karena dianggap lebih efektif dan lebih trendy.

brake shoe untuk rem cakram sepeda motor

Sesuai dengan namanya, mekanisme kerja rem cakram adalah dengan menggerakkan piston yang kemudian mendorong kanvas rem bergerak menjepit cakram dari dua sisi. Gesekan pada cakram yang berhubungan dengan roda, membuat roda kehilangan kecepatannya dan pada akhirnya berputar lebih lambat dari sebelumnya.

 

Jadi, pada saat nanti anda akan melihat sepeda motor atau hendak membeli sebuah sepeda motor, selain lihat berapa kecepatan tertinggi yang bisa dicapai oleh sepeda motor tersebut, perhatikan juga sistem rem nya. Semakin tinggi sepeda kecepatan yang dicapai, maka seharusnya sepeda motor tersebut sudah menggunakan sistem rem cakram.

Atau anda bisa melihat secara terbalik, sepeda motor yang sudah menggunakan rem cakram sudah bisa dikatakan mampu melaju dengan kecepatan tinggi, walaupun tidak semuanya, karena beberapa produsen ada yang mengintegrasikan rem cakram karena banyaknya peminat yang menginginkan sepeda motor dengan rem cakram, walaupun sebenarnya untuk kapasitas cc sepeda motor tersebut cukup menggunakan rem tromol biasa.